Sunday, January 4, 2015

MS Excel, Cara membuat saldo berjalan


Berikut adalah cara menghitung saldo berjalan  di Microsoft Excel :

  1. Langkah pertama anda membuat microsoft excel kemudian pilih worksheet yang tersedia atau anda dapat mengisikan data di workbook.
  2. Kemudian anda dapat menambahkan garis sehingga terbentuk tabel pada laporan anda. Caranya anda dapat blok semua data kemudian klik garis untuk membuat tabel.
  3. Selanjutnya pada kolom saldo anda dapat menambahkan rumus, yaitu misalnya datanya  dengan =IF(OR(D2<>0;E2<>0);SUM($D$2:D2)-SUM($E$2:E2);0) . Dengan keterangan kolom debet yang terdapat pada sel D2, kemudian kredit pada sel E2. Dan masukkan kode tersebut di sel F2. Pada dasarnya Anda dapat menyesuaikan kolom debet dan kredit dengan tabel sehingga menganti kode sesuai dengan data yang terdapat di tabel anda. Sedangkan bagi anda yang akan menambah penjumlahan saldo maka anda dapat mengarahkan kursor ke arah bawah kemudian tunggu hingga berubah menjadi +, selebihnya click and drag.

Itulahh cara yang dapat anda lakukan untuk menghitung saldo berjalan di Microsoft Excel sehingga membantu proses kerja anda lebih mudah.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan isikan comment box untuk komentar Anda..