Tuesday, February 14, 2023

Urgensi Optimalisasi DMBOK dalam Pengelolaan Data

Pengelolaan data yang baik dan mumpuni tentu mempengaruhi pengambilan keputusan, terutama dalam dunia bisnis. Data yang akurat menjadi penting dan krusial karena tak jarang menentukan masa depan sebuah bisnis dan perusahaan.

Pengelolaan data acap kali dipandang sebelah mata, padahal strategi bisnis dan tata kelola organisasi mesti pula mengacu pada Data-driven Strategy. 

Permasalahan yang sering kali tidak disadari muncul terkait data seperti duplikasi data, inkonsistensi data, keamanan data, tampilan data yang mesti terus berkembang dan mengikuti perkembangan, serta siapa yang mesti bertanggung jawab atas pendataan tersebut.

Hal penting lain yang perlu diperhatikan bahwa pengelolaan data memerlukan perencanaan, pengembangan, dan tentu tata kelola yang jelas.

Saat ini sudah banyak framework yang terkait dengan tata kelola data, salah satunya DMBOK, yang diterbitkan oleh DAMA. DAMA sendiri merupakan sebuah bisnis skala internasional yang memiliki fokus dalam pembangunan komunitas internasional Data Management.

DMBOK atau Data Management Body of Knowledge merupakan sebuah framework tata kelola data yang memberikan pendekatan model tata kelola data secara menyeluruh, lengkap, dan fungsional.

DMBOK sendiri mempunyai berbagai major knowledge, yang terdiri dari Data Governance, Data Architecture, Data Modelling and Design, Data Storage and Operations, Data Security, Data Integration and Interoperability, Documents and Content, Reference and Master Data, Data Warehousing and Business Intelligence, Metadata, dan Data Quality.

Selain itu, karena aktivitas data management di dunia nyata dapat terjadi pada kontek project atau pada kontek organisasi, maka ada 6 Environmental Elements yang perlu di pahami, dalam kaitan dengan aspek People, Process and Technology, yaitu element: Organisation and Culture (People), Roles and Responsibilities (People), Activities (Process), Practices and Techniques (Process), Deliverables (Technology), dan Tools (Technology).


Informasi dan Undangan Mengajar
Hub. WhatsApp 081-223344-506

0 comments:

Post a Comment

Silahkan isikan comment box untuk komentar Anda..